×

Kepatuhan dan Kematangan Keamanan Siber Prov Bali Naik Signifikan

Sabtu, 7 Oktober 2023 pukul 12.30 (6 bulan yang lalu) | Oleh I Putu Sundika

DENPASAR, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali menjalani assessment keamananan informasi oleh BSSN secara daring bertempat di Ruang Vidcon II Kantor Dinas Kominfos Prov Bali pada Senin (Soma Wage Tambir) 25 September 2023. Kegiatan kickoff dihadiri oleh Kepala Bidang Persandian I Putu Sundika beserta jajarannya dan perwakilan dari pengelola Data Center, Network dan Aplikasi.

Pemilaian ini merupakan kegiatan rutin Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dengan menyasar penanganan keamanan informasi di Pemprov Bali. Terdapat 3 (tiga) tools yang digunakan pada Tahun 2023 ini yaitu Indeks KAMI, Cyber Security Maturity (CSM) dan EvPamInfo.  Penilaian Tahun 2023 dilakukan dengan metode daring oleh 4 orang asesor dari BSSN yaitu Dr. Lukman Nul Hakim, Aris Munandar, Achmad Ridho dan Rosdiana Lukitawati.

Kepala Dinas Kominfos Prov Bali Gede Pramana saat mendengarkan paparan BSSN terkait hasil asesment  menyampaikan rasa puasnya karena telah terjadi peningkatan nilai yang signifikan dari Tahun 2022. Indeks KAMI Tahun 2023 untuk sistem dengan kategori tinggi mendapatkan skor 571 (Cukup Baik). Skor CSM yang sebelumnya 3.89 naik menjadi 4.17 (Level IV) di Tahun 2023. Yang paling tinggi kenaikannya adalah skor kepatuhan persandian untuk pengamanan informasi dari 78.9 menjadi 88.87.

"Saya sangat puas dengan hasil Tahun ini memang sudah saya hitung akan mengalami kenaikan mengingat upaya-upaya yang sudah dilakukan dalam 1 (satu) tahun terakhir ini. Ini juga menjadi bukti komitmen dari Pemprov Bali dalam upaya berkesinambungan meningkatkan upaya pengamanan data dan informasi di ruang siber Pemprov Bali. Banyak hal masih sangat bisa ditingkatkan mengingat, apalagi mengingat Bidang Persandian baru ada di Tahun 2020, masih sangat muda dan SDM yang memiliki keahlian khusus pengamanan tentunya masih minim di awal. Untuk itu dari tahun lalu termasuk tahun ini, kami sudah kirimkan terus PNS di Bidang Persandian untuk meningkatkan keahlian teknisnya langsung di BSSN. Saya yakin SDM kita mampu menyerap baik keseluruhan ilmu yang diberikan oleh BSSN sehingga bisa lebih baik lagi dalam menjalankan tugasnya di Pemprov Bali" ujar Pramana.  Pramana juga menyampaikan apresiasinya kepada BSSN yang sudah sangat banyak memberikan dukungannya kepada Pemprov Bali dalam berbagai bentuk kegiatan untuk meningkatkan keamanan ruang siber Pemprov Bali.

Sementara itu Ketua Tim Asesor BSSN Dr. Lukman Nul Hakim menyampaikan selamat atas pencapaian Prov Bali dan yakin ruang perbaikan dan peningkatan sangat terbuka lebar untuk Bali. Lukman yakin seiring waktu berjalan, peningkatan-peningkatan akan bisa dilakukan oleh Bali mengingat kekompakan tim antar bidang, antusias dan komitmen tinggi Pimpinan dapat dilihat dengan jelas. Lukman juga mengapresiasi koordinasi dan kerjasama yang sangat erat dan baik yang sudah dilakukan Provinsi Bali khususnya antar Persandian ke Kab/Kota se-Bali.