×

Pemprov Bali Mendukung Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

Minggu, 8 Oktober 2023 pukul 07.10 (6 bulan yang lalu) | Oleh I Putu Sundika

BADUNG, Pj. Gubernur Bali, S.M. Mahendra Jaya diwakili Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali Ir. I Made Gunanja, M.Si membuka secara resmi Gerakan Nasional 1000 Startup Digital pada Rabu (Buda Umanis Tambir) 27 September 2023 bertempat di aula Universitas Dhyanapura Bdaung.

Dalam sambutannya disampaikan bahwa Pemprov Bali sangat mendukung transformasi digital termasuk perkembangan statup digital. Sampai saat ini lebih dari 2000 titik free wifi (internet) yang sudah dipasang Pemprov Bali di seluruh Bali lewat BKK Kab/Kota dengan tujuan menyediakan infrastruktur bagi masyarakat yang ingin mengakses internet. Berbagai event termasuk event tahunan Bali Digital Festival merupakan bentuk fasilitasi kepada pelaku-pelaku industri kreatif dan digital Bali untuk bisa menunjukkan karyanya.

Kegiatan Gerakan Nasional ini menghadirkan 3 (tiga) orang narasumber dalam sesi diskusi dengan maksud menggugah minat peserta untuk mulai menumbuhkan jiwa enterpreneurship khususnya dalam startup digital. Founder dan Chairman KUMPUL.ID, Faye Wongso sangat yakin dengan pertumbuhan statup digital di Bali mengingat orang Bali adalah orang yang kreatif dan didukung dengan infrastruktur digital yang baik.  Anta dari Mandala Blockchain menceritakan bagaimana kisah perjalanannya dari awal sampai keberhasilan hari ini. Tentunya cerita-cerita ini diharapkan bisa menginspirasi para peserta.

Kabid Persandian Diskominfos Prov Bali I Putu Sundika yang ditugaskan untuk hadir dan menjadi salah satu panel diskusi menyampaikan bahwa Pemprov Bali sudah melakukan berbagai upaya sebagai bentuk dukungan. Selain infrastruktur, saat ini Dinas Koperasi dan UKM Prov Bali sudah juga mempunyai lembaga Inkubator dengan nama Bali Enterpreneurship Colabolator (BEC). Nantinya BEC ini lewat berbagai event akan menginkubasi startup potensial seperti mengarahkan ke kemasan produk yang lebih baik serta akses permodalan. Putu juga menyampaikan pentingnya kolaborasi antar semua stakeholder. Kampus, Swasta, Pemerintah, Komunitas dan Media merupakan Pentahelix yang sangat penting. Event-event seperti Bali Digital Festival juga selalu melibatkan kolaborasi tersebut.

Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital merupakan rangkaian kegiatan program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo). Program Indonesia Makin Cakap Digital bertujuan untuk memberikan literasi tentang teknologi digital kepada 50 juta masyarakat Indonesia termasuk kelompok penyandang disabilitas hingga tahun 2024.

Kunjungi kanal Youtube @lenterasiber156