×

Pj. Gubernur Dukung Penyelenggaraan Kejuaraan Sepak Bola Wanita Piala Asia U-17 di Bali

Rabu, 1 Mei 2024 pukul 23.45 (2 minggu yang lalu) | Oleh I Putu Sujatmanta, SE

DENPASAR - Bali menjadi tuan rumah penyelenggaraan AFC Women Asian Cup U-17 yang akan bergulir pada 6 hingga 19 Mei 2024. Ada 8 negara yang berkompetisi dalam ajang ini yaitu Indonesia, Filipina, Korea Utara dan Korea Selatan yang tergabung di grup A. Sementara grup B dihuni oleh Australia, Thailand, China dan Jepang. Kompetisi akan berlangsung di dua venue yaitu Stadion Kapten I Wayan Dipta dan Bali United Training Center.

 

Penjabat (Pj) Gubernur Bali S.M. Mahendra Jaya yang menerima audiensi pengurus PSSI di ruang kerjanya, Selasa (30/4/2024) menyampaikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan kejuaraan sepak bola wanita kawasan Asia. Menurutnya, ini merupakan event luar biasa yang akan membawa dampak positif bagi Daerah Bali. Untuk itu, ia menyampaikan terima kasih atas perhatian jajaran PSSI sehingga Bali berkesempatan menjadi tuan rumah kompetisi sepak bola wanita piala asia U-17. “Ini menandakan PSSI sayang pada Bali,” ucapnya. 

 

Selain membawa dampak positif bagi kemajuan dunia olahraga, khususnya cabang sepak bola wanita, ia berharap hajatan ini berimbas pada sektor pariwisata Bali. “Tim dari negara-negara yang ikut dalam kompetisi kita harapkan mendapat kesan yang baik selama di Bali dan cerita indah itu akan mereka kabarkan ketika kembali ke negara masing-masing,” harapnya. Oleh sebab itu, Mahendra Jaya memberi dukungan penuh terhadap pelaksanaan kejuaraan yang mempertemukan tim sepak bola wanita kawasan Asia ini. Ia berharap, suasana Bali memberi vibrasi positif sehingga kegiatan ini labda karya (terlaksana dengan baik tanpa halangan,red). Sebagai bentuk dukungan, Mahendra Jaya mempersilahkan pihak panitia memanfaatkan fasilitas milik Pemprov Bali yang dibutuhkan untuk menyukseskan AFC Women Asian Cup U-17. Selain itu, ia menginstruksikan Kadis Dikpora Bali agar mengerahkan pelajar untuk menonton pertandingan sepak bola wanita ini. “Masyarakat juga harus tahu bahwa di Bali akan ada event bergengsi ini,” cetusnya.

Tournament Director PSSI Ronny J. Suhatril menyampaikan terima kasih atas dukungan penuh yang diberikan Pj. Gubernur Bali beserta jajaran. Terkait dengan pelaksanaan AFC Women Asian Cup U-17, ia melaporkan bahwa tim dari berbagai negara mulai berdatangan di Pulau Dewata. Tim dari Australia dan Filipina telah tiba pada Senin (29/4) yang disusul kedatangan tim Korea Selatan dan China, Selasa (30/4). Sementara tim dari negara Jepang, Korea Utara dan Thailand dijadwalkan tiba pada 2 dan 4 Mei 2024 mendatang. 

Lebih jauh Ronny menjelaskan, pertandingan akan dilaksanakan di dua venue yaitu Stadion Kapten I Wayan Dipta dan Training Center Bali United. Pada Senin (6/5) dijadwalkan pertandingan tim Indonesia vs Filipina di Stadion Dipta pada pukul 19.00 wita. Pada hari yang sama juga juga akan ada pertandingan tim Korea Selatan vs Korea Utara di Bali United Training Center. Berikutnya pada Selasa (7/5) akan ada pertandingan Jepang vs Thailand di Stadion Dipta dan China vs Australia di Bali United Training Center.

Ronny menambahkan, pihak panitia tidak memungut biaya dari penonton yang ingin  menyaksikan pertandingan. Namun demikian, pihaknya tetap menerapkan prosedur pendataan penonton sebagaimana yang berlaku pada pertandingan resmi. Pada bagian lain, Ronny menyampaikan bahwa kompetisi ini menjadi bagian penting dari upaya meningkatkan animo dan ketertarikan wanita pada olahraga sepak bola. 

Dalam kesempatan itu, Pj. Gubernur didampingi Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Provinsi Bali I Wayan Serinah, Kadis Dikpora Provinsi Bali K.N. Boy Jayawibawa serta Kadis Kominfos Bali yang diwakili Kabid Humas, Publikasi dan Dokumentasi K. Suadnyana Purianto.