×

Pra-Pendampingan Wirausaha untuk Pembentukan Usaha yang Inovatif dan Berkelanjutan

Rabu, 16 November 2022 pukul 09.30 (1 tahun yang lalu) | Oleh NYOMAN BAGUS PRASETIA

KadisKop UKM Prov. Bali hadiri kegiatan Bimtek Pra-Pendampingan Wirausaha dalam rangka Pembentukan Usaha yang Inovatif dan Berkelanjutan sekaligus mensosialisasikan program "Road to be Young Entrepreneurs" yang diselenggarakan oleh Deputi Bidang Kewirausahaan, KemenKop UKM RI di Prime Plaza Hotel Sanur, Denpasar, kemarin (14/11).

Acara yg dibuka langsung oleh Menteri Koperasi UKM RI, Bapak Teten Masduki ini diikuti oleh 150 peserta yang berasal dari pelaku UMKM, mahasiswa/Tenant Inkubator Bisnis Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Prov. Bali, dan pendamping UMKM. 

Dalam sambutan pembukanya Menteri Koperasi UKM RI mangatakan bahwa Bali harus banyak belajar dari berbagai krisis yang melanda utamanya semenjak pandemi Covid-19, yang menyebabkan ekonomi Bali benar-benar terpuruk, beranjak dari permasalahan tersebut beliau ingin agar Bali tidak hanya bergantung pada sektor pariwisata saja melainkan berwirausaha. Tujuan diadakan kegiatan ini bermaksud untuk mencetak para wirausaha muda yang unggul dan bersaing agar kedepannya bukan hanya Bali yang dikunjungi  dunia tetapi Bali yang mengunjungi dunia.

Sebelumnya, Deputi Bidang Kewirausahaan KemenKop UKM RI selaku Pelaksana Pra Pendampingan Wirausaha dalam laporannya disampaikan bahwa program Road to be Young Entrepreneur karena memang ini saat yang dicari oleh KemenKop UKM RI dengan tujuan untuk mencari Calon Wirausaha. Ada 3 (tiga) sesi yang akan diikuti oleh peserta yaitu: 1) Diskusi Panel dengan tema Pentingnya Ekosistem Kewirausahaan bagi Calon Wirausaha yang disampaikan oleh Narasumber berkompoten yaitu Bapak Iskandar dari Bedo Board & Founder Dwico Fashion Studio; 2) Made Dwi Kepala Inkubasi Bisnis BDI Denpasar, dan 3) I Putu Andika Subagya sebagai Co Founder of Innoverse, yang dilanjutkan Workshop #1 dengan Tema: Inspiration Talk by Local Heroes dengan Narasumber Ayu Anandia dari Shoe Home Living; dan Workshop #2 dengan Tema: Business Mapping Workshop by Bedo & Local Heroes, dengan Narasumber  Bapak Dwi Iskandar dari Bedo Board & Founder Dwico Fashion Studio yang semua sesi dimoderatori oleh Jeff Kristianto dari BRV Deodorant.

Pra Pendampingan Wirausaha ini diikuti oleh 1800 calon wirausaha untuk seluruh Indonesia. Ini merupakan kegiatan yang pertama dan dilakukan di Bali,  karena kita mendukung Gerakan Wirausaha Nasional  yang sudah dicanangkan sejak bulan Januari 2022.

Harapan Deputi, tentunya kegiatan ini memberikan manfaat kepada adik-adik mahasiswa dapat segera melihat peluang menjadi calon Wirausaha atau yang sudah menjadi Wirausaha untuk dapat mengembangkan bisnisnya. Kegiatan “Road to be Young Entrepreneur“ akan terus dilaksanakan untuk meningkatkan rasio kewirausahaan nasional dari 3,47% menjadi 4% pada tahun 2024, yang berdampak kepada pertumbuhan ekonomi.