×

Deklarasi Damai dan Doa Bersama dalam rangka PEMILU 2024

Selasa, 3 Oktober 2023 pukul 12.50 (11 bulan yang lalu) | Oleh AGUS SANTOSO

Selasa, 3 Oktober 2023. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bali, Ngurah Wiryanata bacakan sambutan Gubernur Bali pada kegiatan Deklarasi Damai dan Doa Bersama dalam rangka PEMILU 2024. Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung PRG POLDA Bali ini turut dihadiri, Kapolda Bali, Pangdam IX/Udayana, Kepala Kejaksaan Tinggi Bali, Kabinda Bali, Ketua KPU Provinsi Bali, Ketua Bawaslu Provinsi Bali, Ketua FKUB Provinsi Bali, Ketua Senkom Mitra Polri Provinsi Bali, tokoh agama, tokoh masyarakat serta Mahasiwa. 

Dalam sambutannya, ngurah wiryanata mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini mengingat pelaksanaan pemilu bukanlah hal yang mudah, diperlukan kolaborasi antar seluruh stakeholder dan peran aktif seluruh masyarakat agar jalannya pemilu dapat terselenggara dengan aman dan damai. Setidaknya ada empat kunci sukses yang menjadi faktor utama yaitu

- faktor penyelenggara pemilu, dalam hal ini adalah KPU dan BAWASLU. Dimana sangat penting untuk menjaga integritas penyelenggara pemilu yang adil, obyektif dan profesional.

- faktor peserta pemilu, dalam hal ini terdiri dari partai politik peserta pemilu bersama para calon legislatifnya, dalam hal mana peserta pemilu dituntut memiliki integritas, patuh dan taat terhadap regulasi yang ada serta tidak memantik politik sara / indentitas.

- faktor masyarakat atau pemilih yang juga harus memiliki integritas, karena seorang pemilih memiliki hak yang dijamin oleh undang- undang yang harus digunakan dengan penuh tanggung jawab. 

- faktor  stakeholder seperti Kepolisian, TNI, ASN dan aparat  lainnya yang harus menjaga netralitasnya.

Ngurah Wiryanata juga berharap agar segenap elemen masyarakat dapat berperan dengan sumbangsih pemikiran cerdasnya, tidak membully, tidak menyebar hoax, SARA dan tidak memecah-belah antar anak bangsa.