×

Lestarikan Penggunaan Aksara Bali, Tim Desa KBS Kelurahan Lukluk Pasang Papan Nama Pasar Tradisional Beraksara Bali

Minggu, 8 Mei 2022 pukul 20.53 (1 tahun yang lalu) | Oleh KRISNA PRASADA PRANA

Tim Desa Kerthi Bali Sejahtera Kelurahan Lukluk bersama Lurah Lukluk dan masyarakat melaksanakan kegiatan pemasangan papan nama Pasar Tradisional Kelurahan Lukluk dengan Aksara Bali, Minggu, 8 Mei 2022. Koordinator Tim Desa Kerthi Bali Sejahtera Kelurahan Lukluk I Made Yasa saat Rapat Koordinasi menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk perlindungan dan penggunaan bahasa, aksara, dan sastra Bali sebagai implementasi Peraturan Daerah Bali Nomor 1 Tahun 2018 tentang Bahasa, Aksara dan Sastra Bali dan Pergub Bali No.80 Th.2018 ttg Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali

Program Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali merupakan salah satu Program Pendukung dalam program Tim Desa Kerthi Bali Sejahtera yang diluncurkan Pemerintah Provinsi Bali. Sampai akhir bulan April ini, capaian Program tersebut di Kelurahan Lukluk telah mencapai 67.5 persen. Nilai ini didapatkan berdasarkan laporan bulanan yang diinput berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan sesuai panduan.

Pembentukan Tim Desa Kerthi Bali Sejahtera oleh Pemerintah Provinsi Bali merupakan upaya mempercepat dan mengimplementasikan pelaksanaan Program Pembangunan Provinsi Bali. Upaya inovatif ini diharapkan dapat membangkitkan Gerakan Semesta Berencana Membangun Bali dari Desa, dengan menghadirkan ASN dan non ASN di tengah-tengah masyarakat untuk membumikan kebijakan dan program sebagai implementasi visi Pembangunan Daerah Bali “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru, guna mewujudkan prinsip Trisakti Bung Karno di tingkat Desa/Kelurahan dan Desa Adat.