×

Babi Untuk Galungan di Gianyar Cukup

Selasa, 14 Juli 2015 pukul 02.19 (8 tahun yang lalu) | Oleh Sigapura

  • Stok 58.405 ekor

Gianyar –

  Jelang perayaan Galungan permintaan akan babi potong  untuk memenuhi kebutuhan hari raya memang mengalami peningkatan . Kepala Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Disnakkanlut) Kabupaten Gianyar, Made Raka, Senin (13/7) kemarin mengatakan, pasokan babi potong jelang hari raya di Gianyar dinilai mencukupi.

  Diungkapkannya, data stok babi potong di Kabupaten Gianyar bulan Juli 2015 yang tersebar di 7 Kecamatan 58.405 ekor. Sementara jumlah populasi babi di Kabupaten Gianyar mencapai 128.597 ekor. Ia menjelaskan asumsi pemotongan babi di Kabupaten Gianyar 24.300 ekor dipotong pada hari penampahan Galungan (H-1 Galungan).

  Dengan stok babi potong 58.405 ekor pasokan babi potong mencukupi. “Pasokan babi potong Perayaan Galungan relatif aman ,” ucapnya. Dipaparkannya, potensi peternakan babi tersebar di 7 kecamatan. Masyarakat yang membutuhkan babi potong hari raya Galungan dan Kuningan bisa mendapatkan babi di sentra peternakan babi di Kecamatan Payangan dan Kecamatan Tegalalang. Lebih lanjut dikatakannya, selain babi, masyarakat bisa memanfaatkan itik dan ayam. Itik dan ayam juga dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan upacara saat perayaan Galungan.

  Data jumlah populasi itik di Kabupaten Gianyar 161.291 ekor. Jumlah produksi daging itik mencapai 212,91 ton. Made Raka menambahkan jumlah populasi  ayam ras pedaging di Kabupaten Gianyar mencapai 515.947 ekor.

Jumlah produksi ayam ras pedaging mencapai 2.053,15 ton. Ketersediaan ayam buras masih mencukupi karena kebutuhan ayam buras masih digunakan untuk upacara agama. Masing-masing keluarga masih memelihara ayam buras secara tradisional. Bahkan ada juga yang mengembangkan ayam buras yang berskala besar dan pemeliharaannya secara intesif.

Sumber : Bisnis Bali